Cara Sehat Makan Mie Instan

instant noodleDi kehidupan yang serba cepat ini, mie instant seolah sudah menjadi makanan pokok di beberapa negara. Dengan rasa yang enak, praktis dan mudah memasaknya, mie instant menjadi makanan yang paling disukai dan ada di dapur setiap rumah. Namun untuk alasan kesehatan, sebaiknya Anda tidak terlalu sering makan mie instant.

Dilansir oleh moneylife.in, sebuah penelitian yang dilakukan Consumer Education & Research Society (CER) menunjukkan bahwa beberapa mie instant tidak memiliki nilai gizi sama sekali atau sangat buruk. Dari 15 mie instant dari berbagai negara, diketahui bahwa mie instant masih menjadi makanan praktis yang tinggi sodium, lemak dan karbohidrat.

“Beberapa temuan umum pada mie instant masih dijumpai, yaitu tingginya garam natrium, kadar serat rendah secara siginifikan, jumlah lemak yang tinggi dan faktor mengejutkan,” ujar salah satu peneliti CER.

Data menunjukkan bawa rata-rata seseorang mengonsumsi mie instant lebih dari sekali dalam dua minggu. Menghindari makan mie instant rasanya tidak mungkin, karena itulah, CER memberikan panduan agar mengonsumsi mie instant lebih sehat.

  1. Seperti yang sudah dijelaskan, mie instant hanya memiliki sangat sedikit nilai gizi. Hindari sebisa mungkin, jika tidak bisa, kurangi jumlah konsumsinya. Batasi 10 hari sekali atau setidaknya seminggu sekali saja.
  2. Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa mie instant, jangan pernah memasak jika sudah melewati batasnya.
  3. Menambahkan bahan alami lain seperti telur, sayuran, ayam, daging udang dan sebagainya dapat meningkatkan nilai gizi mie instant.
  4. Sebaiknya tidak mengonsumsi mie instant dengan nasi, karena perpaduan karbohidrat akan menambah asupan kalori dan gula dalam darah.
  5. Jumlah garam dan MSG yang sangat banyak dalam mie instant terdapat dalam bumbunya, akan lebih baik jika Anda hanya memakai separuh bumbu. Agar tetap enak, tambahkan bumbu alami lain seperti bawang merah, bawang putih, merica, dsb.
  6. Wanita hamil dan balita sebaiknya tidak mengonsumsi mie instant sama sekali. Jumlah MSG yang sangat banyak dan penambah rasa INS 621 harus dihindari ibu hamil dan balita. Jika Anda ingin makan mie, buatlah sendiri dari mie kuning homemade dan memakai bumbu-bumbu alami.

Itulah beberapa saran yang diberikan ilmuwan dari CER. Mie instant memang enak dan praktis, namun segala yang berlebihan tidaklah baik. Batasi konsumsinya dan perbanyak mengonsumsi makanan alami lain.

http://www.elitespringbed.com

 

sumber: http://www.vemale.com/kesehatan/63075-tips-agar-tetap-sehat-saat-makan-mie-instant.html

Advertisements

Tips Berolahraga Selama Bulan Ramadhan

Siapa bilang Anda tak bisa berolahraga selama puasa? Meski ketika puasa Anda tak bisa mengonsumsi makanan atau minuman, namun jangan bermalas-malasan dan tidak berolahraga selama Ramadan. Olahraga masih penting dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh saat puasa.

Namun tentu saja, olahraga ketika berpuasa tak bisa dilakukan sembarangan seperti ketika hari-hari biasa di luar bulan Ramadan. Anda harus memperhatikan asupan nutrisi, jenis olahraga yang dilakukan, serta waktu olahraga. Tidak memperhatikan hal ini akan membuat olahraga justru buruk untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga saat berpuasa. Lakukan beberapa tips ini jika ingin berolahraga dengan aman saat berpuasa.

1. Sesuaikan jenis olahraga

Jangan samakan olahraga di hari biasa dengan olahraga saat berpuasa. Anda harus memperhatikan berat ringannya olahraga yang dilakukan. Ketika berpuasa Anda tidak akan makan selama delapan sampai 10 jam. Jika biasanya Anda akan melakukan olahraga yang cukup berat di siang atau pagi hari, ini tak akan berhasil. Anda akan merasa kelelahan, padahal masih banyak aktivitas yang harus dilakukan sepanjang hari.

Ini adalah hal yang wajar. ketika berpuasa dan langsung melakukan olahraga berat, energi Anda akan terkuras habis, sementara Anda tak bisa mengonsumsi nutrisi karena berpuasa. Karena itu lakukan olahraga yang ringan dan tak terlalu berat.

2. Waktu mengkonsumsi protein

Jika biasanya Anda mengonsumsi beberapa porsi kecil protein selama beberapa kali dalam sehari, hal ini tak bisa dilakukan saat bulan ramadan karena berpuasa. Namun Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan protein ketika sahur dan berbuka.

Perlu diperhatikan bahwa protein yang lebih banyak dikonsumsi sebaiknya pada saat berbuka. Konsumsi protein dalam bentuk makanan dan bukan bubuk protein. Ini karena protein dalam bentuk makanan akan diserap lebih lama oleh tubuh sehingga akan membuat Anda bertenaga lebih lama.

3. Konsumsi karbohidrat saat sahur

Makan sahur adalah salah satu yang penting dilakukan saat berpuasa. Sahur tak hanya memberikan Anda asupan energi untuk beraktivitas, tetapi juga untuk berolahraga. Ketika sahur, jangan hanya mengonsumsi protein, melainkan juga karbohidrat. Karbohidrat akan membantu memberikan energi ketika anda berolahraga.

Meski karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur tak akan bisa membuat Anda bertenaga seperti karbohidrat yang dikonsumsi pagi hari atau pada saat siang hari, namun setidaknya mengonsumsi karbohidrat saat sahur akan memberikan asupan energi untuk olahraga. Tak hanya itu, karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur juga mencegah Anda merasa kelelahan atau kekurangan karbohidrat sepanjang hari.

4. Perhatikan waktu olahraga

Tak hanya jenis olahraga yang harus diperhatikan, tetapi juga waktu berolahraga. Pilihlah waktu ketika Anda merasa paling bertenaga dalam seharian. Yang terbaik tentunya beberapa jam setelah Anda makan sahur. Ini karena pada saat itu, tubuh memiliki energi yang cukup banyak.

Jika melakukan olahraga di waktu tengah hari Anda akan merasa kelelahan dan merasa tak berenergi untuk melakukan olahraga. Jadi sebaiknya pilih waktu yang tepat. Pilih waktu setelah sahur atau beberapa jam setelah berbuka puasa.

5. Penuhi cairan tubuh

Ketika bicara tentang nutrisi, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Rasa haus adalah pertanda ketika tubuh membutuhkan cairan, namun saat Ramadan Anda tak bisa mengonsumsi banyak cairan seperti ketika tidak berpuasa.

Karena itu, ketika Ramadan, sebaiknya konsumsi cukup air ketika sahur dan berbuka. Ini akan memenuhi cairan tubuh Anda. Hindari mengonsumsi minuman olahraga yang mengandung gula dan kafein. Minuman semacam ini justru membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Anda bisa mengonsumsi minuman isotonik yang membantu memenuhi cairan tubuh.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda ingin berolahraga selama berpuasa. Jangan abaikan kesehatan tubuh dan lakukan olahraga secara teratur seperti biasanya. Namun pilih jenis olahraga yang tak terlalu berat dan menyulitkan Anda.

www.elitespringbed.com

 

sumber: http://www.merdeka.com

Apa yang terjadi pada tubuh saat berpuasa?

Saat ini kaum muslim tengah memasuki bulan suci Ramadan. Selama bulan Ramadan, diwajibkan bagi semua umat Islam untuk berpuasa. Ketika berpuasa, tanpa disadari kinerja tubuh perlahan berubah dan menyesuaikan diri.

Berbeda dengan ketika tidak berpuasa, saat berpuasa tubuh memproduksi energi sendiri dengan membakar nutrisi yang tersimpan dalam tubuh, seperti cadangan lemak, karbohidrat, dan gula untuk memproduksi energi. Tak hanya itu, organ-organ lain dalam tubuh pun menyesuaikan kinerja mereka dengan keadaan orang yang berpuasa, seperti dilansir oleh Emel.com.

Salah satu organ yang kinerjanya berubah saat puasa adalah lever. Lever bertugas untuk mengubah lemak menjadi zat kimia yang disebut ketone. Ketone ini kemudian digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Sementara itu, organ seperti jantung dan paru-paru juga mengalami penyesuaian.

Darah yang dipompa oleh jantung ke organ pencernaan akan lebih sedikit, sehingga jantung akan memompa lebih banyak darah ke bagian lain dari tubuh. Sementara itu, ketika bernapas, paru-paru akan menerima banyak racun dari udara. Berpuasa akan membantu paru-paru untuk mengeluarkan racun yang terhirup.

Organ pencernaan seperti lambung dan usus akan memiliki waktu istirahat ketika seseorang berpuasa. Ini akan memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk membersihkan sisa-sisa pencernaan yang ada di dalamnya dan mengeluarkan racun yang sudah menumpuk. Ketika berpuasa, aktivitas dialisis yang dilakukan oleh ginjal juga meningkat sehingga membantu penyerapan garam dan air. Ini juga bisa menurunkan tekanan darah.

Salah satu manfaat berpuasa adalah pengeluaran racun dari tubuh. Dengan kinerja biasa saat tak berpuasa, tubuh akan mengeluarkan racun melalui usus besar, lever, ginjal, paru-paru, kelenjar limpa, dan kulit. Saat berpuasa, proses ini menjadi semakin cepat dan aktif. Zat kimia dan racun yang diserap dari makanan dan lingkungan akan cepat dikeluarkan saat berpuasa.

Berpuasa juga ‘menyembuhkan’ pikiran, tubuh, dan jiwa. Pada segi fisik, energi yang biasa digunakan untuk sistem pencernaan akan dialihkan ke bagian lain seperti proses metabolisme dan sistem kekebalan tubuh untuk menyembuhkan dan membangun sistem tersebut.

Penelitian medis juga menunjukkan bahwa selama berpuasa, pertumbuhan jaringan abnormal yang bisa menyebabkan tumor dan kanker akan kekurangan nutrisi, sehingga lebih mudah dihilangkan dan dihancurkan oleh tubuh. Berpuasa membantu tubuh untuk menggunakan nutrisi dalam dirinya seoptimal mungkin.

Selain perubahan pada kinerja organ penting, saat berpuasa suhu tubuh manusia juga menurun karena tingkat metabolisme yang menurun. Begitu juga gula darah dalam tubuh. Semua ini dilakukan untuk menyimpan energi.

Selamat Berpuasa!

www.elitespringbed.com

sumber: merdeka.com

Akibat Mengkonsumsi Terlalu Banyak Vitamin C

Banyak dokter dan ahli nutrisi merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin . Mereka berpendapat bahwa vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu asam askorbat atau yang juga dikenal dengan nama vitamin C ini bermanfaat untuk mencegah oksidasi di dalam tubuh.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin C dengan berlebihan sebab dapat menimbulkan efek samping di bawah ini.

Sakit punggung

Salah satu masalah kesehatan yang mendasar ketika Anda banyak mengonsumsi vitamin C adalah timbulnya rasa sakit di punggung. Jika dibiarkan, rasa sakit ini akan menumpuk dan membuatnya menjadi parah.

Urine berdarah

Banyak mengonsumsi vitamin C juga mampu membuat Anda kencing berdarah yang kemudian disertai dengan rasa sakit di perut. Hal ini terjadi sebab timbul penumpukan asam di dalam tubuh Anda.

Nyeri pada saluran kemih

Sebelum menjadi urine berdarah, biasanya dimulai dengan nyeri pada saluran kemih. Nyeri ini bisa jadi muncul karena diawali pula dengan sakit punggung bagian bawah.

Diare

Dalam banyak kasus, Anda juga dapat mengalami diare ketika banyak mengonsumsi vitamin C. Bahkan bisa menjadi diare yang hebat sebab saluran pencernaan Anda dipenuhi dengan zat asam.

Pusing

Vitamin C memang baik digunakan untuk mengobati pusing. Namun bila Anda menderita pusing setelah minum vitamin C, hal ini bisa pertanda bahwa tubuh Anda tidak bisa menerima vitamin C.

Vitamin C memang baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. Namun konsumsilah dengan wajar agar Anda tidak mendapatkan efek samping seperti contoh di atas.
www.elitespringbed.com

sumber: http://www.merdeka.com/sehat/mengonsumsi-vitamin-c-ternyata-menyimpan-5-efek-samping-ini.html

Manfaat Buah Stroberi

Image

Memiliki rasa manis dan menyegarkan, stroberi menjadi salah satu jenis buah beri yang paling populer. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya baik untuk kesehatan Anda.

Inilah manfaat sehat dari mengonsumsi stroberi seperti dilansir dari care2.com.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, wanita yang makan stroberi sebanyak 3 kali seminggu memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Sebab stroberi mengandung zat antosianin flavonoid yang mampu menyehatkan jantung, mengurangi penumpukan plak pada arteri jantung, serta menurunkan peradangan yang dapat terjadi di jantung. Serat dan kalium yang ada di dalam stroberi juga baik untuk kesehatan jantung.

Anti inflamasi
Buah stroberi memiliki warna yang cerah sebab tinggi akan polifenol di dalaknya. Antioksidan dan fitomikia yang ada di dalam stroberi juga membantu dalam mengurangi peradangan pada sendi.

Anti kanker
Flavonid yang ada di dalam stroberi mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Zat ini juga baik untuk mencegah kanker payudara, kanker serviks, dan kanker kerongkongan.

Tinggi akan zat antioksidan
Buah stroberi adalah salah satu jenis buah beri yang tinggi akan antioksidan di dalamnya. Zat ini mampu melawan zat karsinogenik dan kolesterol jahat yang mampu menyebabkan penyakit jantung, melawan radikal bebas di dalam tubuh, menghambat pertumbuhan tumor, dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Menurunkan tekanan darah
Karena buah stroberi tinggi akan kalium, maka orang yang menderita tekanan darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Sebab kalium mampu menurunkan efek natrium di dalam tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

 

http://www.elitespringbed.com

sumber: http://www.merdeka.com/sehat/ini-9-manfaat-menakjubkan-stroberi-untuk-kesehatan.html

Perawatan Alami Sembuhkan Sakit Perut

Sakit perut merupakan gangguan kesehatan yang umum. Namun tidak banyak cara penanganan yang tepat dan bahan alami yang diketahui untuk mengobati penyakit ini.

Berikut adalah beberapa solusi rumahan yang mudah dilakukan untuk merawat sakit perut seperti dilansir dari magforwomen.com.

Jahe

Jahe dalam bentuk segar adalah obat alami untuk mengobati berbagai gangguan perut. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu memperlancar pencernaan dan meredakan kram perut. Cara terbaik untuk mengobati sakit perut dengan jahe adalah dengan mengonsumsi teh jahe atau minuman jahe.

Lemon dan air


Jika Anda menderita sakit perut karena gangguan pencernaan, konsumsilah air lemon. Tingkat keasaman dalam lemon mampu memicu produksi asam klorida yang mampu memecah ampas makanan sehingga mudah untuk dikeluarkan. Air lemon juga baik untuk menghidrasi pencernaan Anda.

Adas


Adas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang membantu meringankan sakit perut. Jika Anda sedang kembung, Anda dapat menggigit adas atau meminum air rebusan adas.

Chamomile


Chamomile tidak hanya memiliki sifat anti inflamasi namun juga dapat menenangkan saraf pencernaan yang bermasalah. Teh chamomile buatan rumahan merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan masalah perut.

Daun mint


Dengan hanya memasukkan segenggam daun mint ke dalam air panas dan kemudian Anda minum, maka rasa sakit perut Anda serta kram menstruasi dapat hilang. Nafsu makan yang hilang pun juga dapat pulih apabila Anda minum air daun mint.

Makanan berasa hambar


Sakit perut dapat disebabkan oleh bumbu makanan yang terlalu bergaram tinggi, pedas, atau berminyak. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengonsumsi makanan berasa hambar dan polos untuk menenangkan keadaan perut Anda yang bergejolak.

Air beras


Air rebusan beras juga memiliki manfaat positif untuk menenangkan saraf penyebab sakit perut. Tambahkan madu di dalamnya agar memberikan rasa yang menarik pada air beras Anda.

Sakit perut ternyata mampu disembuhkan dengan beberapa perawatan rumahan yang alami, efektif, dan aman seperti pengobatan di atas. Selain tips tersebut, air hangat, jus lidah buaya, dan licorice juga merupakan cara alami untuk mengobati sakit perut Anda.

www.elitespringbed.com

sumber: http://www.merdeka.com/sehat/ini-7-perawatan-mudah-nan-alami-untuk-sembuhkan-sakit-perut.html

Kenali 6 Tanda Dehidrasi

effects-of-dehydrationDehidrasi adalah gangguan kesehatan yang serius. Namun sayangnya banyak orang yang tidak terlalu menyadari akan hal ini. Jika Anda dehidrasi maka cairan tubuh akan terkuras habis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan sistem di dalam tubuh.

Oleh karena itu kenali tanda dehidrasi ini sejak awal untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih parah.

Mulut kering
Ketika Anda dehidrasi, ada penurunan jumlah produksi air liur yang kemudian mampu menyebabkan mulut kering. Sehingga mulut kering menjadi tanda awal dari seseorang yang mengalami dehidrasi. Jika parah, kulit mulut pun bisa mengelupas dan muncul rasa panas seperti terbakar.

Otot kram
Otot kram dapat terjadi ketika Anda dehidrasi. Sebab cairan otot Anda berkurang sehingga mampu menimbulkan kram dan nyeri. Oleh karena itu konsumsi banyak cairan sehingga Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Lemas
Sering merasa pusing dan lemas juga bisa menjadi tanda-tanda dari dehidrasi. Sebab ketika cairan tubuh Anda berkurang maka otak pun kekurangan oksigen sehingga dapat menimbulkan pusing.

Palpitasi
Palpitasi atau jantung yang berdetak lebih cepat yang disertai dengan sesak napas merupakan tanda-tanda lain dari dehidrasi. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan seluruh aktivitas Anda dan konsumsi banyak air.

Jumlah urin sedikit
Dehidrasi juga mampu mempengaruhi jumlah urin yang Anda keluarkan. Jika Anda kekurangan cairan tubuh, maka sistem pembuangan tidak berjalan dengan baik yang kemudian mampu mempengaruhi jumlah urin.

Susah berkeringat
Anda sering merasa sulit berkeringat padahal Anda melakukan banyak aktivitas? Hati-hati, sebab ini bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi. Sebab ketika dehidrasi maka Anda kekurangan cairan tubuh yang bisa menjadi keringat.

Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari diare, muntah, hingga diabetes. Oleh karena itu jaga kesehatan Anda agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/kenali-6-tanda-dehidrasi-ini-sejak-dini.html

http://www.merdeka.com/sehat/kenali-6-tanda-dehidrasi-ini-sejak-dini.html