Tips Bagi Anda yang Akan Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil

Bagi Anda yang memiliki niat menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda 4 (mobil) dengan jarak tempuhnya lumayan jauh harus berhati-hati. Ada baiknya Anda mengeperiksa kondisi mobil dan memperhatikan tips berikut ini.
Image
Adi Kurniawan, kepala mekanik bengkel Dua Barokah di kawasan Jakarta Barat, mencoba memberikan tips bagi Anda semua yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil.

1. Lakukan tune-up. Minimal 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Saat tune-up periksa oli mesin, oli rem, perseneling dan gardan. Periksa kaki-kaki seperti kampas rem, shock breaker dan kondisi ban.

2. Periksa kelistrikan pada mobil seperti lampu depan, belakang, rem dan lampu kabin. Periksa juga kondisi aki mobil dan pastikan air akinya tidak berkurang sedikitpun.

3. Periksa sistem kopling. Karena saat melakukan perjalanan jauh apalagi musim libur seperti saat ini sering terjadi macet ditambah kondisi cuaca yang kurang baik atau hujan.

4. Periksa sistem pengereman. Pastikan pengereman pada mobil Anda dalam kondisi normal. Periksa apakah remnya saat diijak dalam atau tidak, ketinggian atau tidak. Jika tidak seperti biasa, maka ada kendala.

5. Periksa cooling system. Pastikan selang tetap dalam kondisi baik. Jika selang kembung dan digunakan untuk perjalan yang jauh ditambah dengan tekanan tinggi , sistem akan rusak. Periksa selangnya jika normal kondisinya akan lentur, tapi jika keras dan kembung itu sudah tidak normal dan bisa rusak jika dipakai jalan jarak jauh.

Jika Anda sering melakukan service berkala sesuai yang ditentukan oleh manual book, maka Anda tidak memerlukan persiapan khusus tersebut karena sebelumnya keadaan mobil sudah terkendali. Namun jika Anda jarang melakukan service berkala, maka Anda perlu melakukan hal-hal di atas sebelum melakukan perjalanan jauh.
Ismail menambahkan, sebenarnya jika untuk pengemudi yang sering melakukan servis berkala sesuai dengan yang ditentukan pada manual book maka tidak perlu melakukan persiapan khusus tapi jika jarang melakukan servis itu yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalan jauh.

Ada baiknya Anda semua memperhatikan tips berikut ini sebelum melakukan liburan dengan jarak jauh menggunakan mobil pribadi. Jangan lupa juga untuk tetap melengkapi peralatan lainnya seperti dongkrak, kunci roda, senter, payung dan cadangan air radiator.

Sumber: http://oto.detik.com/read/2013/01/07/121922/2134874/1213/sebelum-melakukan-perjalanan-jauh-perhatikan-tips-berikut-ini?o991104topnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s