Manfaat Buah Kurma sebagai Makanan Saat Berpuasa

ImageBuah kurma memang sangat digemari saat bulan puasa, alasannya karena besarnya manfaat buah kurma untuk menambah energi setelah seharian berpuasa.

Buah kurma berasal dari negara Arab. Di Indonesia, penjualan buah kurma akan melonjak saat bulan puasa dan lebaran. Manfaat buah kurma bagi kesehatan sangat banyak, dan ini tidak sebatas pada saat berpuasa saja.

Buah dengan bentuk yang unik ini memiliki banyak kandungan gizi, sehingga dipercaya bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Buah Kurma Untuk Menambah Energi
Dalam Islam, mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa sangat disarankan. Alasannya adalah, karena buah kurma memiliki karbohidrat kompleks yang baik untuk sumber energi. Buah kurma mengandung dua buah monosakarida, yaitu glukosa dan fruktosa. Kedua buah monosakarida inilah yang menjadikan manfaat buah kurma sebagai penambah energi bagi tubuh.
Buah kurma mengandung energi yang cukup tinggi. Disebutkan dalam sebuah penelitian yang termuat dalan Nutrition Journal bahwa, dalam salah satu varietas buah kurma terdapat 314 energi. Jumlah ini lebih tinggi 10-15 persen dari total energi yang dibutuhkan orang dewasa.

Buah Kurma Kaya Akan Serat
Ketika Anda berpuasa, mengkonsumsi makanan kaya akan erat sangat disarankan. Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh yang kadang menurun saat berpuasa. Makanan kaya serat juga penting untuk mencegah konstipasi, yang biasanya sering terjadi saat seseorang berpuasa.
Kandungan serat dalam masing-masing varietas kurma adalah berbeda-beda. Namun penelitian menyebutkan bahwa dalam 100 g buah kurma, mengandung setidaknya 50%-100% serat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang terdapat dalam buah kurma menambah manfaat buah kurma sebagai salah satu makanan yang sangat baik untuk sahur dan berbuka puasa.

Buah Kurma Kaya Vitamin dan Mineral
Satu lagi makanan yang sangat disarankan dikonsumsi saat berpuasa adalah makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Biasanya hal ini bisa didapat dari sayur dan buah-buahan. Kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap.
Dalam buah kurma terkandung vitamin C, vitamin B1, Vitamin B2, Asam nikotinat dan vitamin A. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu buah kurma juga mengandung senyawa phenolic dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidanya berkisar 80400 mikromol dalam 100 g buah kurma. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh, agar tidak mudah tertular penyakit.

Buah kurma, seperti disebutkan dalam Al-Quran adalah buah yang kaya manfaat. Karenanya buah ini sangat cocok dijadikan menu pembuka puasa. Konsumsilah 2-3 buah kurma saat Anda berbuka, sebelum mencicipi menu makanan lainnya, dan Anda akan merasakan manfaat buah kurma yang besar untuk kesehatan Anda.


Selamat Berpuasa

Visit http://www.elitespringbed.com for more tips and trick

One thought on “Manfaat Buah Kurma sebagai Makanan Saat Berpuasa

  1. Hi there! I realize this is somewhat off-topic however I
    had to ask. Does operating a well-established website
    such as yours take a lot of work? I’m brand new to writing
    a blog but I do write in my diary every day. I’d like to start
    a blog so I can easily share my personal experience and thoughts online.
    Please let me know if you have any suggestions or tips for brand new aspiring blog owners.

    Appreciate it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s