10 Pantai di Indonesia yang Masih Alami

Pantai Adonara di NTT

Pulau Adonara, suatu tempat wisata yang belum terjamah di NTT. Pantai berpasir putih dan senyum ramah penduduk Adonara, melengkapi kecantikan pulau yang berada di sebelah timur Pulau Flores itu.
Untuk dapat menuju ke Adonara, kita harus terlebih dulu transit di Kupang ataupun Maumere. Jika waktu menjadi salah satu pertimbangan, agan dapat langsung melakukan perjalanan menggunakan penerbangan pesawat Transnusa ataupun Susi Air yang terbang langsung dari Kupang ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur.

 

Pantai Liman di NTT
Pantai Liman adalah sebuah pantai yang berada di selatan Pulau Semang, Kabupaten Kupang, NTT. Pantai ini begitu memukau. Betapa tidak, pantai yang tergolong belum terjamah ini, memiliki hamparan pasir putih kemerahan.
Turis bisa mencapainya dengan kapal dari Pelabuhan Tenau dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000, Anda sudah bisa pulau ini dengan waktu tempuh 30 menit. Sedangkan, dari Pelabuhan Semau sampai Pantai Liman bisa dijangkau dengan motor selama 1 jam. Ini karena kondisi jalan yang berpasir dan berdebu.

 

Pantai Pasih Uug di Bali

 Pasih Uug merupakan kawasan wisata yang sangat unik. Dari namanya saja ‘Pasih Uug’ (Bahasa Bali) diartikan sebagai pantai yang rusak. Meskipun diartikan demikian, kawasan wisata ini justru menjadi kawasan wisata yang benar-benar unik.

Pasih Uug mungkin tidak jauh berbeda seperti Kawasan wisata Uluwatu yang ada di Pulau Bali. Hanya saja, di Pasih Uug tidak ada objek wisata seperti pura ataupun kera. Namun, Pemandangan di Pasih Uug ini tidak kalah indahnya dengan Uluwatu. Selain itu, Pasih Uug jauh lebih tenang dan nyaman karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Pantai Sawarna di Banten
Bagi agan yang tinggal di Jakarta, tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati keindahan pantai nan elok. Karena cukup ke Lebak, Banten, tersaji Pantai Sawarna yang memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia.
Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih sepanjang pantai yang masih sangat bersih sekali dan tampak “perawan”. Air lautnya yang biru jernih benar-benar cocok untuk menjadikan tempat ini wisata impian agan.
Belum lagi menikmati deruan ombak yang menghantam bebatuan besar di Tanjung Layar. Jangan lupa siapkan kamera digital yang siap menangkap momen-momen spesial di sana.
Pantai Sawarna hanya berjarak sekitar 200 km dari kota Jakarta dan dapat ditempuh melalui 2 jalur, yaitu melalui Rangkasbitung atau Pelabuhan Ratu.

Pantai Gondang di Lombok Utara

Dari sekian banyak pantai di Lombok, rupanya masih ada yang sepi dan tak kalah cantik. Inilah Pantai Gondang yang ada di Lombok Utara.
Perjalanan dari Mataram menuju Pantai Gondang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam, dengan kecepatan mobil rata-rata 60 km/jam. Sepanjang jalan, agan bisa melihat pemandangan indah sawah-sawah milik petani yang sebagian sedang dipanen. Lalu, Anda dapat melihat monyet-monyet kecil saat memasuki Puncak Pusuk. Di sana hawa sejuk mulai terasa dan banyak monyet-monyet kecil berbaris di sisi jalan. Mereka menunggu wisatawan yang melemparkan makanan kecil.

Pantai Sempu di Malang

Pantai Sempu adalah salah satu pulau di Kota Malang yang belum banyak dijangkau banyak orang. Untuk menjangkau pantai ini, agan akan menghabiskan waktu selama 20 menit saja. Saat berkunjung ke pantai ini, agan akan ditawarkan dengan panorama dan keindahan yang begitu memesona.

 

Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep Madura

Pantai Slopeng merupakan salah satu Pantai Utara di Sumenep selain Pantai Lombang, Pantai ini terletak di Kecamatan Dasuk, 21 km dari Pusat Kota Sumenep. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu hamparan Pasirnya yang cukup menggunung berhias pohon siwalan, pohon kelapa dan juga cemara udang, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan laut pantai utara Madura ini dari bukit-bukit yang tergolong landai ini.

Pink Beach di Flores

Flores memang tak lepas dari Pulau Komodo yang eksotis. Selain hewan yang sudah langka, pulau ini juga punya pantai yang tak kalah mempesonanya. Namanya adalah Pink Beach atau Pantai Pink. Pantai unik ini sudah berhasil memikat banyak wisatawan.
Dari jauh, pasir ini tidak akan terlihat pink melainkan hanya putih biasa. Datanglah ke tepiannya dan tunggu sampai ombak menjilat tepian pasir. Warna pink akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.
Warna merah muda yang ada di pasir ini merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana.
Tepian Pantai Pink adalah surga bawah laut yang membuat siapapun berdecak kagum. Tak perlu menyelam terlalu jauh karena pemandangan cantik ini bisa dinikmati hanya dalam kedalaman tak sampai 1 meter.

Pantai Penggajawa di Flores

Namun, pesona Flores tidak hanya di Pulau Komodo saja. Ende juga punya pantai yang memiliki pemandangan memukau, yaitu Pantai Penggajawa. Debur ombak yang tinggi, panjangnya garis pantai yang dipenuhi bebatuan hijau, dan putihnya pasir menjadikan Pantai Penggajawa sebagai destinasi wajib saat ke Ende. Ya, batuan hijau adalah salah satu di antara keindahan lainnya di pantai ini. Uniknya, batuan hijau ini berasal dari dasar laut Penggajawa. Dengan bantuan ombak, batuan tersebut terdampar di Pantai Penggajawa.
Tidak ada yang tahu asal muasal asli bebatun tersebut, tapi warga sekitar percaya batuan itu berasal dari dasar laut yang terbawa ombak, hingga sampai ke pinggiran pantai. Terlepas dari batuan hijaunya, Penggajawa termasuk pantai yang sepi dikunjungi wisatawan.

Pantai Pok Tunggal di Yogyakarta

Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas di Pantai Pok Tunggal benar benar memanjakan mata. Sebatang pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, jadi jangan heran bila ada teguran jika memanjat pohon tersebut. Namun pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala

Masih banyak pantai lain di Indonesia yang masih alami dan belum terjamah. Semoga masyarakat semakin sadar akan keindahan alam Indonesia ini dan selalu menjaganya agar menjadi aset negara yang tak terkalahkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s