7 Alasan yang Membuktikan Bahwa Anda Sebaiknya Tidur Siang

Man sleeping on couchKebanyakan orang Indonesia terlalu sibuk untuk tidur sekejap di siang hari. Padahal, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kita memerlukan tidur siang. Ini adalah 7 alasan yang membuktikan bahwa Anda sebaiknya tidur sebentar di siang hari.

1. Tubuh kita seperti ter”program” untuk tidur setelah makan siang.

Kita cenderung mengantuk di siang hari, karena suhu tubuh kita sedikit turun saat itu. Statistik menunjukkan bahwa kecelakaan pada saat bekerja kebanyakan terjadi di siang hari dan penyebabnya adalah rasa kantuk. Selain itu, performa para pekerja di siang hari, sekitar satu jam setelah makan siang, merupakan performa terburuk dari keseluruhan hari.

2. Anda akan merasa lebih waspada dan focus.

Penelitian membuktikan bahwa 10 menit tidur siang dapat meningkatkan performa, kewaspadaan, dan konsentrasi. Tidur siang yang sebentar sangat berguna apabila Anda kurang tidur pada malam sebelumnya.

3. Anda akan tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Beberapa orang menyatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak di malam hari ketika mereka tidur siang sebentar di siang harinya. Hal ini disebabkan karena mereka tidak terlalu kelelahan saat waktu tidur malam tiba. Terlalu lelah merupakan salah satu penyebab insomnia, dan dengan tidur siang sebentar, Anda bisa membantu mengatasinya. Namun tidur siang yang terlalu lama, malahakan membuat Anda kesulitan tidur di malam hari. Sepuluh (10) sampai dengan tiga puluh (30) merupakan lama tidur siang yang terbaik. Jika Anda tidur lebih dari 30 menit, Anda akan masuk ke mode tidur yang lebih dalam, dan akan membuat Anda sedikit pusing saat bangun.

4. Anda dapat mengurangi lama tidur Anda di malam hari.

Dengan tidur siang, Anda dapat mengurangi lama tidur di malam hari sampai dengan 2 jam.

5.Tidur siang dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam mempelajari sesuatu.

The National Sleep Foundation telah menyatakan penelitian yang dilakukan oleh Harvard bahwa tidur merupakan salah satu kunci dalam proses pembelajaran, dan tidur malam ditambah dengan tidur siang dapat membantu Anda mengingat dan mengerti apa yang telah diajarkan.nap 2

6. Tidur siang mencegah terjadinya kecelakaan saat menyetir.

Para ahli menyatakan bahwa dengan tidur siang sebentar sebelum menyetir, akan mengurangi kemungkinan kecelakaan karena rasa kantuk. Mereka juga merekomendasikan Anda untuk menepi sekejap dan melakukan tidur siang selama 20 menit ketika Anda mengantuk saat menyetir. Dan minum minuman berkafein setelah tidur siang akan membantu Anda segar kembali sebelum melanjutkan menyetir.

7. Tidur siang dapat mengurangi stress.

Stress kerap kali berhubungan dengan rasa lelah dan sibuk oleh karena itu, tidur siang sebentar akan menjadi sebuah pelepas stress yang amat baik. Anda akan bangun lebih segar, dan lebih mampu dalam mengatasi rasa stress Anda.

Tujuan akhir dari semuanya adalah untuk selalu tidur dalam waktu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tidur tubuh Anda. Tidur yang cukup akan meningkatkan performa, kesehatan, kemampuan dalam mempelajarai sesuatu, dan menjadikan kita lebih baik. Dan berita baiknya adalah, tidur siang merupakan salah satu cara yang sama baiknya dengan tidur malam untuk mendapatkan tidur yang cukup.

source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s