Jus Tingkatkan Risiko Diabetes??

Elitemate pasti kaget mendengar judul posting an kali ini.. Kok bisa jus meningkatkan resiko diabet? Bukannya jus itu sehat?

Buah-buahan utuh yang segar diketahui dapat menghalangi risiko diabet, terutama blueberry, anggur, apel dan pir. Namun mengapa jika buah diolah menjadi jus justru dapat meningkatkan risiko diabet?

 Ini jawabannya…

ImageSebuah penelian kesehatan besar yang dilakukan di Amerika Serikat dengan diikuti oleh dua negara lain yakni Inggris dan Singapura menunjukkan data dari hasil investigasinya.

Lebih dari 187.000 perawat dan pengasuh profesional selama bertahun-tahun kesehatannya dipantau secara teratur. Mereka diharuskan untuk menjawab kuisioner yang meliputi: kebiasaan makan, berat badan, merokok aktivitas fisik dan gaya hidup lainnya.
Sekitar 6,5 persen dari relawan mengembangkan kajian mengenai diabetes selama studi tersebut. Orang-orang yang makan setidaknya dua porsi buah-buahan terutama blueberry, anggur dan apel akan berkurang risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu porsi dalam sebulan.
Asisten Profesor nutrisi di Harvard School of Publik Health, Qi Sun sebagaimana yang dimuat oleh news.co.au, Sabtu (31/8/2013), mengatakan “Temuan kami menunjukkan bahwa buah-buahan tertentu mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes.”
Disisi lain, mereka yang mengonsumsi satu atau dua porsi jus buah setiap harinya dapat meningkatkan 12 persen risiko diabet. 
British Medical Journal (BMJ) yang menerbitkan The Paper mengatakan bahwa perbedaan yang signifikan tersebut karena meski nilai gizi dari buah utuh dan jus buah adalah sama namun bentuknya berbeda.
Perbedaannya adalah buah utuh berbentuk makanan semi-padat, sedangkan jus sudah menjadi cairan.

“Cairan melewati lambung ke usus lebih cepat dibanding saat masih utuh, bahkan jika kandungan nutrisinya sama,” terang The Paper.

Nah, sekarang pengetahuan kita jadi bertambah kan..? Ternyata lebih sehat makan buah utuh daripada buah yang sudah di jus lho… Jus memang enak, tapi kalau lebih sehat buah utuh, Elitemate pilih yang mana?

 

http://www.elitespringbed.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s