Manfaat Olah Raga Lompat Tali

ImageSelain lari, ada olahraga lain yang sangat mudah dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan. Itulah lompat tali, atau sering disebut dengan skipping. Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Dikutip dari Times of India, inilah manfaat yang bisa Anda rasakan dengan olahraga tersebut:

  1. Membakar kalori cukup besar. Untuk satu kali sesi latihan lompat tali selama 30 menit, bisa membakar kalori sebanyak 450. Olahraga ini sangat cocok dijadikan salah satu agenda dalam program diet Anda.
  2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Artinya, Anda turut menjaga diri untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya. Otot jantung Anda makin kuat dalam memompa banyak darah. Walhasil, oksigen dan nutrisi yang disalurkan lebih lancar ke seluruh tubuh.
  3. Menurunkan risiko osteoporosis. Berlatih lompat tali dapat meningkatkan kepadatan tulang. Maka, Anda bisa menjadikan olahraga ini untuk menghindarkan diri dari osteoporosis. Berlatih sejak awal sangat disarankan. Pasalnya, osteoporosis lebih sering menyerang ketika menginjak usia lanjut. Jangan sampai terlambat. Osteoporosis Society merekomendasikan untuk melakukan aktivitas melompat-lompat selama 2-5 menit, baik dengan tali atau tidak, untuk tujuan ini.
  4. Melatih konsentrasi. Bermain lompat tali tidak mudah jika pikiran tidak fokus. Makin sering lompat tali, bisa melatih pikiran Anda untuk berkonsentrasi.
  5. Bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Anda hanya perlu seutas tali dan langsung bisa memainkannya. Cukup murah bukan?

www.elitespringbed.com

 

source: http://www.manfaat.info/5-manfaat-berolahraga-lompat-tali/

 

2 thoughts on “Manfaat Olah Raga Lompat Tali

    • Untuk usia 40 tahun ke atas, jenis olahraga yang dipilih seharusnya bukan yang bersifat kompetitif yang membutuhkan tenaga besar dan waktu yang lama. Namun, olahraga yang baik dilakukan, seperti aerobik, jogging, jalan cepat, atau berenang. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan 5-10 menit sebelum berolahraga. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan agar tubuh tidak pegal pegal keesokan harinya.
      Sebenarnya idealnya olahraga dilakukan 30 menit setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s