Kapan Sebaiknya Sarapan?

ImageSarapan penting bagi kesehatan tubuh karena bisa memberikan asupan energi untuk beraktifitas. Ternyata seseorang disarankan sarapan minimal 30 menit setelah bangun tidur agar sistem pencernaan siap menerima makanan. Ketika seseorang sarapan maka ia akan membantu tubuh untuk meningkatkan asupan energi serta menurunkan berat badan.

Hal ini karena mengurangi jumlah asupan kalori berlebihan tanpa harus melewatkan waktu makan. Beberapa ahli merekomendasikan seseorang untuk sarapan dalam waktu 30 menit setelah i abangun tidur untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme. Sementara itu personal trainer Shaun Horner menuturkan jika tidak memungkinkan seseorang bisa sarapan 1 jam setelah ia bangun tidur.

Hal ini karena semakin lama seseorang menunda sarapan, maka semakin besar risiko ia memperlambat metabolisme yang memicu kelaparan dan kekurangan makan. Sarapan merupakan hal yang penting karena orang yang sering melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Serta sarapan terbukti memperbaiki suasana hati dan konsentrasi.

Beberapa makanan tertentu akan lebih menguntungkan jika dikonsumsi saat sarapan yaitu satu atau 2 porsi buah dan makanan tinggi serat seperti roti gandum atau sereal tinggi serat yang bisa mengoptimalkan kesehatan dan energi. Keadaan tertentu mungkin mengharuskan seseorang untuk menunda sarapan berat, misalnya jika ingin melakukan olahraga agar tidak terjadi kram dan membakar lemak yang lebih tinggi.

www.elitespringbed.com

sumber: http://www.ilmukesehatan.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s