Tujuh Fenomena Alam yang Mencengangkan

Fenomena alam kerap terjadi pada bumi dan di sekitar kita. Seperti gempa bumi, hujan, gunung meletus, merupakan beberapa fenomena yang kerap terjadi di beberapa daerah di dunia. Dan karena seringnya fenomena ini terjadi, hal-hal tersebut sudah bukan lagi menjadi fenomena alam yang dirasa aneh dan tak wajar.

Namun di luar sana beberapa fenomena telah terjadi tanpa sepengetahuan banyak orang. Seperti yang dilansir oddee, fenomena-fenomena yang terjadi berikut ini justru cenderung unik dan tak masuk akal. Namun jangan berharap untuk dapat langsung melihatnya secara jelas.

Yah, karena fenomena-fenomena tersebut datangnya tak menentu dan hampir dikategorikan sebagai fenomena langka yang terjadi di dunia. Nah, ingin tahu tidak fenomena yang tak pernah Anda sangka dapat terjadi di dunia ini? Langsung saja kita simak kisahnya yuk.

1. Aurora Borealis

Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sering terjadi hanya di beberapa daerah tertentu saja di dunia. Fenomena yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala ini hanya akan terjadi di kutub utara dan juga kutub selatan. Aurora sendiri terjadi akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.
Image
Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis. Dan di beberapa bagian negara Eropa, cahaya-cahaya Aurora terlihat di ufuk utara seperti seolah matahari akan terbit dari arah tersebut

2. Red Tides

Red Tides adalah sebuah fenomena alam di mana air laut akan berubah warna menjadi merah yang disebabkan oleh fitoplankton. Dan fenomena ini sendiri merupakan fenomena berbahaya yang dapat merugikan kematian pada makhluk hidup yang berada di air. Bahkan, Red Tides juga dianggap dapat berbahaya bagi kesehatan manusia tatkala mengonsumsi ikan maupun kerang yang terkontaminasi oleh Red Tides.
Image
Fenomena ini sangat merugikan terutama bagi para nelayan yang pada akhirnya tak lagi memiliki hasil tangkapan akibat racun yang mematikan. Hal-hal yang terjadi pada fenomena ini adalah di mana suhu permukaan laut menjadi hangat, salinitas rendah, kandungan gizi yang tinggi, dan laut yang tenang. Namun seperti yang kita lihat, warna laut akan berubah menjadi kemerah-merahan.

3. Penitentes

Image

Nah untuk fenomena alam yang satu ini hanya akan terjadi di dataran tinggi yang dapat diakibatkan oleh hembusan angin yang sangat kencang. Penitentes biasanya terjadi di beberapa daerah tertentu seperti Chili dan Argentina. Fenomena ini diakibatkan oleh hamparan salju di pegunungan yang kemudian mendapatkan hembusan kencang hingga menciptakan gumpalan es yang berbentuk tajam-tajam.
Image
Gumpalan es ini biasanya memiliki ketinggian 1,5 sampai 3 meter dan memiliki ketebalan 5 hingga 3 kaki. Yang lebih anehnya, ketika di siang hari, matahari hanya mampu membuat gumpalan es ini menjadi lebih halus, namun tidak meleleh.

4. Badai Supercell

Image

Badai supercell adalah badai petir yang ditandai dengan pusaran udara yang terus berputar naik. Salah satu yang terbesar, terkuat dan terkadang merupakan jenis badai yang paling merusak. Efek badai supercell bisa dirasakan hingga 32 kilometer jauhnya. Paling sering ditemukan di beberapa daerah di Amerika Serikat.

5. Fire Whrils

Image

Fire Whirls atau Pusaran Api (juga dikenal sebagai setan api atau tornado) muncul di dalam atau di sekitar amukan api dan berupa pusaran. Pusaran Api dapat muncul oleh peristiwa alam lainnya seperti gempa bumi dan badai, dan bisa sangat berbahaya.

Dalam beberapa kasus fire whirls dapat menyebabkan kerusakan dan kematian dalam radius yang tidak terjangkau oleh panas atau api. Pusaran Api selama ini diketahui mencapai hampir satu mil tingginya, dan memiliki kecepatan angin lebih dari 100 mil/jam dan berlangsung selama 20 menit atau lebih.

6. Ice Circle

Image

Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin. Fenomena ini telah diketahui penyebab di baliknya, namun masih saja menjadi hal yang sangat langka. Bentuk Ice Circle menyerupai piringan raksasa yang terdiri dari es dan berotasi secara lambat di permukaan air. Misteri ini sesungguhnya sudah pernah disinggung pada abad ke-19. Sebuah gambar ilustrasi dari Ice Circle pernah dipublikasikan di majalah Scientific American pada tahun 1895. London News juga pernah melaporkan fenomena ini yang terjadi di Toronto tahun 1930.
Image
Umumnya fenomena ini muncul di Skandinavia dan Amerika Utara, namun pernah satu kali terlihat di Inggris pada Januari 2009.

7. Light Pillars

Light Pillars muncul sebagai cahaya yang tegak di langit. Fenomena Ini terlihat ketika cahaya terbentuk dari pantulan yang diciptakan oleh kristal es. Hal ini terjadi akibat cahaya yang muncul dari matahari atau dari sumber-sumber cahaya buatan seperti lampu jalan dan lampu taman.

ImageImage

Meskipun penampilan mereka seperti kolom berderet di dekat cahaya yang padat, efek ini seluruhnya relatif diciptakan oleh sudut pandang kita sendiri.

Wah-wah banyak sekali yah fenomena yang tak pernah kita ketahui sebelumnya. Bagaimana menurut Anda?

www.elitespringbed.com

sumber: http://www.vemale.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s