Tips Jitu Menangkal Rasa Kantuk

Mengantuk merupakan hal wajar yang di alami oleh semua orang di semua kalangan umur. Rasa kantuk juga mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dari berbagai aktivitas atau pekerjaan yang sedang di lakukan serta untuk menjaga kesehatan tubuh. Rasa kantuk biasanya datang saat  malam hari saat semua aktivitas telah selesai di jalankan. Namun, terkadang rasa kantuk dapat menyerang di saat seseorang sedang sibuk dengan berbagai aktivitas yang super penting pada pagi dan siang harinya. Oleh karena itu Lady berikan beberapa tips untuk menangkal rasa kantuk agar kita lebih produktif. Berikut ini tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk yang dilansir dari intips-kesehatan.blogspot.com :

  1. Berjalan Sejenak. Terlalu lama duduk di meja kerja  akan menyebabkan rasa bosan, di hinggapi rasa kantuk serta tidak baik bagi kesehatan. Solusinya, berjalan jalanlah selama beberapa menit untuk membuang rasa mengantuk tersebut.
  2. Tidur Siang. Penulis pernah mempraktekkan tidur siang selama kurang lebih beberapa menit saat istirahat siang. Terbukti, dapat menghilangkan rasa kantuk saat di haruskan untuk bekerja atau beraktivitas sesudahnya.
  3. Jangan Bekerja Dengan Pencahayaan Redup. Memilih untuk membuat ruang kerja lebih terang menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan berdampak positif untuk mengatasi rasa kantuk yang sering mendera.
  4. Istirahatkan Indera Mata. Terlalu lama menatap layar monitor komputer dapat meningkatkan kebosanan, merusak organ mata serta mudah mengantuk. Solusinya, istirahatkan mata selama beberapa menit setelah menatap komputer selama setengah jam.
  5. Sediakan Camilan Sehat. Makan buah-buahan di sela-sela rutinitas kerja merupakan solusi yang terbukti efektif untuk mengusir rasa kantuk. Ini dikarenakan, buah merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan serat untuk menutrisi tubuh dan mampu menghindarkan anda dari kelelahan dan rasa kantuk.
  6. Stop Makanan Berlemak Tinggi. Usahakan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi saat sarapa pagi maupun makan siang. Ini dikarenakan, makanan berlemak tinggi berkaitan dengan seringnya seseorang merasa cepat lelah serta mengantuk.
  7. Berhenti Bergadang Larut Malam. Ini merupakan salah satu penyebab utama banyak di antara kita yang sering dilanda kantuk. Tidur lebih awal atau tidur cukup pada malam hari merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rasa kantuk saat mulai bergelut dengan aktivitas super sibuk.

Demikianlah tips kesehatan yang membahas tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Sahabat Lady!

www.ladyamericana.co.id

source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s