Panduan Memilih Sayur Sehat

Demi memenuhi segala kebutuhan nutrisi harian, baik itu vitamin dan mineral, jangan lupa untuk menambahkan porsi sayur dan buah ke dalam menu sehari-hari.

Menurut berita yang disiarkan oleh laman Huffington Post, semua sayuran dan buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan. Dan di bawah ini adalah beberapa panduan memilih sayur sebagai sumber gizi keluarga.

Brokoli

Image
Merupakan bagian dari keluarga Brassica, yang juga mencakup kangkung, sawi, kubis, bok choy, kubis Brussel, lobak, dan kembang kol. Anggota keluarga Brassica kaya phytochemical, yang dikenal memiliki sifat antioksidan. Brokoli merupakan nutrisi pembangkit tenaga yang sangat bagus lantaran penuh vitamin C, mineral kalsium, serat, dan vitamin A. Brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa yang dipercaya dapat melawan kanker.

Wortel

Image
Sayuran satu ini merupakan sumber serat yang baik. Berfungsi untuk membantu dan menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol darah, plus membantu dalam pemeliharaan berat badan. Pigmen oranye yang ditemukan dalam wortel adalah karena antioksidan beta-aroten, yang juga bisa dijumpai dalam makanan oranye lain seperti ubi jalar, labu, butternut squash, pepaya, dan melon. Beta –karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan membantu untuk menjaga kesehatan mata, mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga kulit Anda sehat, serta dapat melindungi terhadap kanker tertentu.

Bayam

Image
Makanan yang banyak tersedia sepanjang tahun ini, menawarkan sumber vitamin dan mineral. Bayam mengandung mineral besi dan potasium, serta vitamin A, K, C, dan B-vitamin folat. Tak hanya itu, bayam juga mengandung phytochemical yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan flavonoid, yaitu sifat antioksidan yang bisa mencegah terhadap kanker.

Ubi manis/ubi jalar

Image
Ubi manis atau ubi jalar kaya akan antioksidan beta-karoten dan juga penuh serat. Vitamin B6, folat, vitamin C, serta kalium mineral pun bisa ditemukan di dalamnya. Dianjurkan menikmati ubi jalar bersama kulit agar lebih mendapatkan banyak gizi. Siapa bilang ubi jalar bisa menggemukkan badan? Karena menurut laman yang sama, hal ini hanya mitos belaka.

Bit

Image
Mengandung dosis yang sehat dari besi, vitamin B- folat, dan serat. Bit merah menawarkan betacyanin, yaitu pigmen tanaman yang dapat melindungi terhadap kanker usus besar.

Yuk, kita biasakan makan sayur mayur setiap hari, Elitemate!

www.elitespringbed.com

source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s