Trik Menghentikan Kebiasaan Ngemil Tengah Malam

Makan camilan di malam hari adalah salah satu kebiasaan yang menyebabkan kegagalan diet. Kebiasaan ini juga merupakan masalah terbesar bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Banyak hal yang membuat orang ngemil tengah malam. salah satunya adalah rasa lapar yang membuat mereka sulit kembali tidur. Sekali mereka mencoba ngemil tengah malam agar mudah tidur, hal ini akan menjadi kebiasaan yang merusak diet atau membuat mereka mudah gemuk.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan tak sehat ini, jangan khawatir. Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghentikannya. Berikut adalah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan ngemil di malam hari, seperti dilansir oleh Health Me Up (19/03).

1. Alihkan perhatian
Jangan memikirkan tentang makanan karena hanya memikirkan makanan saja sudah bisa memicu rasa lapar. Untuk menghilangkan kebiasaan ngemil di malam hari, Anda harus memulai dengan mengalihkan pikiran dari makanan ke hal lainnya. Anda bisa mencoba membaca buku atau bermain game hingga merasa ngantuk. Anda juga bisa menelepon teman atau mandi air hangat agar bisa tidur lebih baik.

2. Tunda makan malam
Biasanya kebiasaan ngemil di malam hari disebabkan oleh jarak yang lebar antara waktu makan malam dan waktu tidur. Ini membuat Anda merasa lapar ketika akan tidur. Jika Anda berencana tidur terlambat atau tidur larut, sebaiknya tunda jam makan malam Anda. Namun setidaknya sediakan waktu satu jam sebelum tidur agar makanan bisa dicerna dengan baik.

3. Sikat gigi
Menyikat gigi sebelum tidur bukan hanya membantu melindungi gigi, tetapi juga bisa mencegah keinginan untuk ngemil di malam hari. Merasa mulut dan gigi sudah bersih akan mencegah Anda untuk ngemil setelah sikat gigi.

4. Alternatif makanan rendah kalori
Jika Anda tetap tak bisa menghentikan kebiasaan ngemil di malam hari, setidaknya sediakan camilan yang lebih sehat. Jangan mengonsumsi keripik atau junk food. Sediakan snack sayuran seperti potongan wortel, atau buah-buahan seperti apel. Selain itu, Anda juga bisa mencoba makanan seperti almond, cherry, dan susu untuk membantu tidur lebih nyenyak.

5. Tambahkan serat
Untuk mencegah keinginan ngemil di malam hari, coba tambahkan serat dan protein pada menu makan malam Anda. Serat dan protein akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Cobalah konsumsi gandum, biji-bijian, atau daging yang mengandung serat dan protein.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan ngemil di malam hari. Makan camilan di malam hari memang terasa menyenangkan. Namun perhatikan efeknya pada kesehatan dan berat badan Anda.

 

www.elitespringbed.com

sumber: www.merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s