Manfaat Nasi Merah untuk Diet

nasi merah
Tahukah Anda, nasi merah ternyata juga bagus untuk diet. Mungkin beberapa kali Anda sudah pernah mendengar para selebriti tanah air yang memilih cara diet dengan mengkonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih biasa.

Ya, rupanya hal ini memang terbukti bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, nasi merah memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan nasi putih.

Tak hanya itu, nasi merah juga memiliki kandungan vitamin yang tak kalah juara seperti vitamin B dan E, kaya serat alami, dan mengandung mineral yang tinggi. Selain itu, juga mengandung berbagai zat seperti fenolat, selenium, magnesium, asam amino triptofan, dan asam lemak alfalinolenat.

Sekedar informasi, kandungan mineral dan sumber karbohidrat kompleks yang ada pada sebutir nasi merah bisa menjadi penyedia energi secara berkala sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda tidak berasa ingin selalu nyemil.

Menanggapi hal ini sebuah jurnal nutrisi dari Inggris, seperti yang dilansir oleh laman mybaby.hol.es, mengungkapkan kandungan serat pangan pada beras merah lebih besar enam kali lipat dibanding nasi putih yang biasa dikonsumsi orang Indonesia itu. Wow… luar biasa! Tentu saja serat pangan yang semakin besar, akan membantu Anda mengikuti program diet. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dalam nasi merah. Antara lain:

1. Membantu mengedalikan gula darah dan produksi insulin dalam tubuh, terima kasih kepada nilai GI yang lebih rendah dari nasi putih biasa.

2. Melancarkan sistem pencernaan.

3. Mencegah timbulnya plak akibat kolesterol jahat.

4. Menurunkan resiko kanker usus.

5. Mengurangi resiko wasir dan iritasi pada usus.

Bagaimana, kini Anda sudah paham mengapa banyak orang memilih nasi merah sebagai sumber karbohidrat ketika sedang mengikuti program diet sehat?

Terakhir, memiliki kandungan serat pangan yang tinggi, membuat Anda harus ekstra sabar ketika memasak si nasi merah. Lantaran untuk membuat matang beras merah akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan memasak beras putih biasa. Selamat mencoba diet nasi merah!

http://www.elitespringbed.com

sumber: molto.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s