Dampak Buruk dari Gadget

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gadget atau alat teknologi tidak dapat dipisahkan dari hidup Anda. Setiap hari Anda memakainya entah untuk berkomunikasi, bekerja, atau mendapatkan hiburan. Bahkan saking menyatunya, Anda pun tidak bisa memisahkan diri Anda dari keberadaan gadget tersebut.

Namun di balik manfaatnya yang begitu tinggi, tentunya ada kelemahan gadget yang memberikan dampak buruk di bidang kesehatan tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa efek negatif dari penggunaan gadget untuk kesehatan Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Agresif


Gadget mampu mengganggu perilaku kesehatan mental seseorang. Walaupun terdengar berlebihan, namun gadget mampu memicu perilaku seseorang menjadi agresif. Sebagai contoh, bagi seseorang yang sangat gila akan gadget mereka tidak sungkan untuk saling berebut gadget.

Apabila dibiarkan, tentu saja hal ini akan mengganggu perilaku mereka bahkan mungkin juga Anda yang menjadi penggila gadget.

2. Obesitas


Gadget membuat kehidupan Anda menjadi mudah. Dengan gadget di tangan, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi tanpa harus melakukan aktivitas fisik yang berarti. Tentu saja perilaku ini mampu meningkatkan risiko obesitas. Belum lagi apabila Anda ditemani dengan camilan ketika Anda asyik browsing menggunakan gadget Anda.

3. Gangguan Tidur


Ini adalah salah satu alasan utama kenapa Anda harus mematikan gadget Anda ketika tidur. Contoh sederhananya adalah ketika ada gadget di samping Anda saat waktu tidur, maka Anda pun akan tergoda untuk berkomunikasi atau mengakses jejaring sosial. Sehingga waktu tidur pun terganggu. Perilaku ini secara tidak sengaja dapat mengurangi waktu istirahat Anda.

4. Mata Kering


Terlalu sering menatap layar gadget dapat membuat mata kering. Hal ini terjadi karena saat menatap layar gadget, Anda akan jarang berkedip.
Berkedip bermanfaat untuk memasok air mata ke bola mata Anda. Karena Anda jarang berkedip, maka Anda pun akan memiliki risiko mata kering.

5. Masalah Pendengaran


Menggunakan gadget dengan headset atau earphone secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pendengaran. Menurut beberapa penelitian, desibel yang berukuran 85 dapat memberikan efek buruk pada rambut mikroskopis di dalam telinga. Itulah sebabnya penggunaan headset secara berlebihan mampu melemahkan pendengaran Anda.

6. Menurunnya Kesuburan


Bagi para pria, menggunakan ponsel selama lebih dari 18 jam dalam satu hari mampu menurunkan produksi sperma. Akibatnya kesuburan seorang pria pun dapat terganggu.

7. Menurunnya Aktivitas Sosial


Ada banyak ungkapan yang menyebutkan bahwa aktivitas di jejaring sosial dapat menurunkan aktivitas di dunia nyata. Sebab karena saking asyiknya Anda berinteraksi dengan menggunakan gadget, maka Anda pun seakan menciptakan ‘dunia’ sendiri.

8. Sakit Punggung


Saat asyik menggunakan gadget, perhatikan posisi duduk Anda. Posisi duduk yang salah mampu menyebabkan rasa sakit punggung yang sangat menyiksa.

9. Stress


Stres ternyata dapat disebabkan oleh penggunaan gadget. Hal ini disebabkan ketika Anda selalu mengaktifkan gadget, maka panggilan untuk selalu berkomunikasi mampu mengganggu waktu istirahat Anda. Dan apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka dapat menyebabkan stres.

10. Mengganggu Kehamilan


Menggunakan gadget secara berlebihan pun ternyata mampu menyebabkan masalah pada kehamilan. Salah satu efek negatifnya adalah radiasi dari gadget ini akan memperlambat perkembangan otak janin bahkan dapat meningkatkan risiko perilaku hiperaktif pada bayi.

11. Memicu Kanker 


Radiasi dari gadget Anda mampu menyebabkan kanker. Dan kanker yang disebabkan dapat berupa kanker darah atau leukemia, kanker kulit, kanker tiroid, kanker payudara, dan kanker perut.

Gadget memang dapat memudahkan kehidupan Anda. Namun di sisi lain gadget juga mampu memberikan efek negatif pada kesehatan Anda. Oleh karena itu, pergunakanlah gadget Anda dengan bijak.

Sekian info mengenai dampak buruk dari gadget yang perlu Anda ketahui. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus mengurangi penggunaan gadget di kehidupan sehari-hari. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda!

www.elitespringbed.com

sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s