Waspadai Gejala Gula Darah Naik

ambil darahJika tingkat gula darah Anda konsisten di angka 200 sampai 350 miligram/dl, itu bisa jadi salah satu gejala gula darah tinggi. Sayangnya seringkali banyak orang tak mengetahui tingkat gula darah mereka dan tak memahami gejala-gejala ketika gula darah naik.

Gula darah yang naik tak bisa diremehkan karena bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini juga bisa menimpa orang yang sama sekali tak berisiko terkena diabetes, sehingga harus benar-benar diwaspadai. Berikut adalah beberapa gejala yang wajib Anda waspadai ketika gula darah mulai naik, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Sering merasa haus
Merasa haus adalah salah satu gejala yang paling umum ketika gula darah mulai naik. Tanda lainnya adalah bibir yang kering.

2. Sering buang air kecil
Buang air kecil secara teratur memang penting, namun jika frekuensi buang air kecil bertambah sering sebaiknya waspadalah. Ketika gula darah naik, biasanya orang akan lebih sering merasa ingin buang air kecil bahkan ketika kandung kemih mereka kosong.

3. Lesu
Gula darah yang meningkat juga bisa membuat Anda merasa lesu dan tidak bersemangat. Selain itu gejala lainnya termasuk selalu merasa lelah, pandangan kabur, dan sakit kepala.

4. Nafsu makan bertambah
Ini adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika Anda sering merasa lapar bahkan setelah makan atau pada jam-jam yang aneh, sebaiknya segera periksakan tingkat gula darah Anda.

5. Dehidrasi
Rasa dehidrasi biasanya muncul ketika orang kurang minum. Namun jika Anda memiliki kecenderungan diabetes, sebaiknya waspadalah karena dehidrasi juga salah satu tanda gula darah yang meningkat.

6. Penurunan berat badan
Berat badan yang tiba-tiba menurun adalah salah satu tanda dari banyaknya masalah kesehatan termasuk gula darah yang tinggi. Jika Anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan sebaiknya segera cek kesehatan.

7. Glukosa dalam urine
Orang yang memiliki tingkat gula darah tak akan mengeluarkan glukosa dalam urine mereka karena glukosa akan diserap oleh ginjal. Namun jika tingkat gula darah naik, kemungkinan akan ada glukosa dalam urine. Jika Anda melihat ada semut yang berkumpul di sekitar kamar mandi setelah Anda buang air kecil, bisa jadi ada glukosa dalam urine Anda. Segera periksakan diri.

Gejala di atas tampak remeh dan tak berkaitan dengan gula darah. Namun jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan tingkat gula darah Anda. Segera atasi sebelum gula darah yang naik berimbas lebih fatal.

 

www.elitespringbed.com

sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s