Tips Berolahraga Selama Bulan Ramadhan

Siapa bilang Anda tak bisa berolahraga selama puasa? Meski ketika puasa Anda tak bisa mengonsumsi makanan atau minuman, namun jangan bermalas-malasan dan tidak berolahraga selama Ramadan. Olahraga masih penting dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh saat puasa.

Namun tentu saja, olahraga ketika berpuasa tak bisa dilakukan sembarangan seperti ketika hari-hari biasa di luar bulan Ramadan. Anda harus memperhatikan asupan nutrisi, jenis olahraga yang dilakukan, serta waktu olahraga. Tidak memperhatikan hal ini akan membuat olahraga justru buruk untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga saat berpuasa. Lakukan beberapa tips ini jika ingin berolahraga dengan aman saat berpuasa.

1. Sesuaikan jenis olahraga

Jangan samakan olahraga di hari biasa dengan olahraga saat berpuasa. Anda harus memperhatikan berat ringannya olahraga yang dilakukan. Ketika berpuasa Anda tidak akan makan selama delapan sampai 10 jam. Jika biasanya Anda akan melakukan olahraga yang cukup berat di siang atau pagi hari, ini tak akan berhasil. Anda akan merasa kelelahan, padahal masih banyak aktivitas yang harus dilakukan sepanjang hari.

Ini adalah hal yang wajar. ketika berpuasa dan langsung melakukan olahraga berat, energi Anda akan terkuras habis, sementara Anda tak bisa mengonsumsi nutrisi karena berpuasa. Karena itu lakukan olahraga yang ringan dan tak terlalu berat.

2. Waktu mengkonsumsi protein

Jika biasanya Anda mengonsumsi beberapa porsi kecil protein selama beberapa kali dalam sehari, hal ini tak bisa dilakukan saat bulan ramadan karena berpuasa. Namun Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan protein ketika sahur dan berbuka.

Perlu diperhatikan bahwa protein yang lebih banyak dikonsumsi sebaiknya pada saat berbuka. Konsumsi protein dalam bentuk makanan dan bukan bubuk protein. Ini karena protein dalam bentuk makanan akan diserap lebih lama oleh tubuh sehingga akan membuat Anda bertenaga lebih lama.

3. Konsumsi karbohidrat saat sahur

Makan sahur adalah salah satu yang penting dilakukan saat berpuasa. Sahur tak hanya memberikan Anda asupan energi untuk beraktivitas, tetapi juga untuk berolahraga. Ketika sahur, jangan hanya mengonsumsi protein, melainkan juga karbohidrat. Karbohidrat akan membantu memberikan energi ketika anda berolahraga.

Meski karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur tak akan bisa membuat Anda bertenaga seperti karbohidrat yang dikonsumsi pagi hari atau pada saat siang hari, namun setidaknya mengonsumsi karbohidrat saat sahur akan memberikan asupan energi untuk olahraga. Tak hanya itu, karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur juga mencegah Anda merasa kelelahan atau kekurangan karbohidrat sepanjang hari.

4. Perhatikan waktu olahraga

Tak hanya jenis olahraga yang harus diperhatikan, tetapi juga waktu berolahraga. Pilihlah waktu ketika Anda merasa paling bertenaga dalam seharian. Yang terbaik tentunya beberapa jam setelah Anda makan sahur. Ini karena pada saat itu, tubuh memiliki energi yang cukup banyak.

Jika melakukan olahraga di waktu tengah hari Anda akan merasa kelelahan dan merasa tak berenergi untuk melakukan olahraga. Jadi sebaiknya pilih waktu yang tepat. Pilih waktu setelah sahur atau beberapa jam setelah berbuka puasa.

5. Penuhi cairan tubuh

Ketika bicara tentang nutrisi, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Rasa haus adalah pertanda ketika tubuh membutuhkan cairan, namun saat Ramadan Anda tak bisa mengonsumsi banyak cairan seperti ketika tidak berpuasa.

Karena itu, ketika Ramadan, sebaiknya konsumsi cukup air ketika sahur dan berbuka. Ini akan memenuhi cairan tubuh Anda. Hindari mengonsumsi minuman olahraga yang mengandung gula dan kafein. Minuman semacam ini justru membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Anda bisa mengonsumsi minuman isotonik yang membantu memenuhi cairan tubuh.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda ingin berolahraga selama berpuasa. Jangan abaikan kesehatan tubuh dan lakukan olahraga secara teratur seperti biasanya. Namun pilih jenis olahraga yang tak terlalu berat dan menyulitkan Anda.

www.elitespringbed.com

 

sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s